Sabtu, 31 Januari 2015

Gone Girl --- dan tebak riddle Santa

Judul: Gone Girl: Yang Hilang
Judul Asli: Gone Girl
Pengarang: Gillian Flynn
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (2014)
ISBN: 978-602-03-1072-5
Jumlah Halaman: 616 halaman
Penerbitan Perdana: 2012
Literary Awards: Barry Award Nominee for Best Novel (2013), Anthony Award Nominee for Best Novel (2013), Shirley Jackson Award Nominee for Best Novel (2012), Edgar Award Nominee for Best Novel (2013), Goodreads Choice for Best Mystery & Thriller (2012), and many more


Sinopsis:
Nick Dunne
Istriku menghilang. Tepat pada hari ulang tahun pernikahan kami yang kelima. Ketika pulang hari itu, aku mendapati sisa-sisa pergumulan di ruang duduk. Polisi mencurigaiku. Banyak kejanggalan muncul dari hasil penyelidikan. Parahnya, semua bukti mengarah kepadaku. Apa yang istriku lakukan terhadapku?

Amy Dunne
Dalam buku harian, aku menulis dia mungkin akan membunuhku. Kalau suatu hari aku ditemukan mati... yah, itu bukan lelucon yang lucu. Setahun belakangan aku sudah mempersiapkan diri. Agar suamiku tak macam-macam denganku.

Nick harus mengerahkan segala upaya untuk lepas dari penghukuman media dan publik, menghindar dari penjara dan bahkan hukuman mati. Menyelami isi kepala istrinya yang rumit dan perfeksionis, hanya itu satu-satunya cara

The craziest most insane twisted story I've ever read.

Sebelum membaca buku ini, sebenarnya aku sudah banyak mendapat kesan-kesan dari pembaca lainnya. Rata-rata memperingatkan akan adanya twist yang 'gilak' sepanjang paruh kedua buku. Meskipun telah siap mengantisipasinya, tetap saja...



Tapi, mulai dari awal...
Halaman-halaman pertama novel ini bercerita dari sudut pandang seorang Nick. Si suami yang nanti kehilangan istrinya, Amy. Dari sebuah kalimat deskriptif, pembaca langsung disuguhi keanehan cara Nick memandang sang istri. Bikin penasaran sekaligus bikin bergidik. Lalu kemudian pelan-pelan kita diajak berkenalan pada dunia Nick dan Amy.

Berseling dengan kisah Nick, ada kisah buku harian Amy. Jika kisah Nick lebih pada kejadian sekarang, kisah Amy lebih menyuarakan masa lalu mereka. Saat mereka berkenalan, first date, first kiss, pertunangan dan perkawinan, dan nantinya sama-sama melihat dua sudut pandang tentang kejatuhan finansial mereka hingga mereka harus pindah dari New York.

Saat membaca bagian ini, aku sempat bosan. Ini novel kayak gini kok banyak amat yang muji-muji pikirku. Mana bagian thrillernya? Mana twist besarnya? Tapi seorang teman yang sudah membaca malah mentertawakanku dan bilang untuk baca aja terus, itu sudah hampirrr katanya. Oke d, walau si Nick ini menyebalkan dan tulisan Amy terasa gak terlalu believeable, tapi baiklah, mari terus dibaca.

Sampai akhirnya di bagian kisah Amy tentang hari naas baginya itu. Uh oh... hmm menarik, tp dengan banyaknya wanti-wanti sebelumnya, aku tidak terlalu terkejut dengan twist ini.

Kupikir setelah terbukanya kejutan tersebut, plot cerita akan semakin mengendur dan entah kenapa ini baru setengah buku. Apalagi yang mau diceritakan selanjutnya.

Tetapi... ternyata aku salah. Dari titik itu, alur cerita makin rumit dan menegangkan. Karakter Amy yang sebelumnya terasa palsu -karena memang begitulah- sekarang memperlihatkan 'taringnya'. Cewek pintar, licik, banyak akal, dan... psikopat? Huaaaah... aku sampai hampir ((HAMPIR)) merasa kasihan pada Nick. Aku hampir tak bisa berhenti membaca paruh kedua kisah ini. Gilak.... benar-benar edun.

Aku gak suka satu karakter pun dalam buku ini. Tidak Nick, tidak Margo, tidak Desi, dan tentu tidak Amy (walau aku mengakui 'kemampuannya'). Tapi di saat yang sama, mereka semua adalah manusia-manusia yang menyedihkan dan memang sangat patut dikasihani. Nick dan Amy.

Dan endingnya... wow... talking about living hell... @_@




https://www.goodreads.com/review/show/1110177113



Buku ini adalah hadiah dari Santaku dalam event Secret Santa BBI 2014. Berartii.... ini saatnya untuk menebak siapakah yang telah berbaik hati mengirimku hadiah yang menawan ini.


THE RIDDLE

Clue:
1.  M  F  S  N  A  F  I  N  J  S
     Cari polanya, susunlah, dan carilah aku.
     Clue ini merujuk pada namaku.

2. Arti namaku adalah anak yang beragama suci dan lurus.

3. Aku tinggal di ujung barat Jawa Tengah.

Ketiga clue di atas cukup memberikan petunjuk ke siapa diriku dan  kucek dblogku.

Selamat mencari *heart*

((TEBAKANKU))

Nah sejak awal aku menduga kalo clue #1 itu sebangsa rotating/subtituting chiper, tapi berarti harus mencari kunci polanya. Uhm, bisa sih, nanti kalau perlu dicoba digeser satu per satu sampai ketemu. Nantiii...

Oke, lanjut clue #2. Dari berbagai situs arti nama yang kucek lewat internet, beberapa nama 'tersangka' sudah kudapatkan, tapi kusimpan dulu untuk kesempatan berpikir berikutnya.

Sampai ke clue #3. Hmm... ujung barat Jawa Tengah?? Sempat kulemparkan ke grup WA untuk membahas clue yang ini, dan beberapa kota masuk dalam kategori ini. Cirebon, Cilacap, Purwokerto, dll. Dari sini obrolan berlanjut ke event SS tahun sebelumnya, saat seorang Santa berhasil membuat targetnya pusing menebak-nebak namanya yang mirip dengan sebuah tempat wisata. Kebetulan si Santa itu juga berasal dari kota di "ujung barat Jawa Tengah" ini.

Kupikir-pikir lumayan cocok juga ini untuk dijadikan tersangka utama, apalagi namanya juga masuk dalam arti nama dalam clue #2. Jadi kuputuskan untuk memisalkan kalau huruf pertama M di clue #1 itu adalah H. berarti -sesuai polanya- huruf-huruf selanjutnya harus shift left masing-masing 5 kali. Hasilnya.... *drumroll*

M  F  S  N  A  F  I  N  J  S ==> H A N I V A D I E N

Yaayy... ketemu.... ternyata Santa-ku yang amat sangat baik hati ini adalah mbak Hanifa Dien. Thank you mbak, Senang sekali aku dikasih kado buku yang bikin aku bengong-bengong gak karuan ini. Juga terima kasih buat asesoris cantiknya, udah kupakai buat jeng-jeng lo.

Terima kasih mbak Hanifa.
Terima kasih untuk div event BBI yang sudah mengadakan keseruan ini. Sampai jumpa lagi tahun depan :)




Postingan ini dibuat untuk mengikuti event Baca Bareng BBI
Bulan: Januari 2015
Tema: Buku SS 2014



21 komentar:

  1. penasaran ama buku ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ya mastez...?! kapan kita kopdar ;)

      Hapus
  2. Bukunya sudah masuk wishlist ^^. Semoga tebakan santanya benar..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      yuuuks dibaca sebelum pelmnya main...

      Hapus
  3. Halo mbak Cindy,
    Saya mau ngaku nih kalo saya memang santanya mbak Cindy hihi. Glad you like it :)
    Kayanya riddlenya terlalu gampang ya? ehehehehe :p

    Btw mbak, saya baru 19 tahun lho. Tapi gapapa deh kalo saya mau dipanggil mbak wkwkwkw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. riddlenya bagusssss kok, aku suka menebak-nebaknya...

      thank you ya ((MBAAAAK)) hanifah, aku kan baru 17 tahun, hahahaha.... #ngakunyaselalu17 #blingbling *buangktp

      Hapus
    2. Wah keren.. kok bisa sih nebaknyaa. Kalo ga dijelasin gini sampe skg aku ga bakal bs nebak deh

      Hapus
    3. eh... padahal kan Oky yang pertama kali bilang 'Cilacap' :D

      Hapus
  4. Bukunya edaaan kaan mbaa ciiin, sama edannya dengan ketebalan inheritance kaaan *dibahas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh... tapi kapan2 pengin lanjut buku lainnya juga *ikutankunyahsilet

      ayooo mbak vin, inheritance nya udah sampe mana? *iyadibahas

      Hapus
  5. Balasan
    1. bukan, lebih cocok buat ganjel pintu :p

      Hapus
  6. riddle-nya kece sih ya.. klo aq yg dapet kayaknya ga bakal bisa jawab deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hani kemarin jadi tersangka santaku juga lo #adasantadiantarakita
      sempet nanya-nanya hani asalnya dari mana, tapi ternyata bukan, hanifah yang lain... :)

      Hapus
  7. nice review, Cin.
    Emang baru mulai menarik bagian 2 yah.
    Hahaha, living hell untuk Nick, walau dia juga yang mulai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanksss...
      iyaaaa.... ada apa ya orang kayak amy gitu? Nick kena batunya ini....

      Hapus
  8. Buku nya sama.
    Mana nih santa? Kok belum nongol ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.... kayaknya kita bisa bikin klub penerima gone girl sebagai hadiah santa... banyak banget ini ya yg dapet buku ini =D

      Hapus
  9. Aku belum baca bukunya tapi udah nonton film nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya ya? aku masih menanti dengan sabar...

      Hapus
  10. Gone Girlku masih di rak malah...soalnya punya edisi asli yang tulisannya kecil2 X-X...dan aku baca endingnya dulu, hahahaha

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget