Minggu, 25 Agustus 2013

Sherlock Holmes vs Kapten Kidd


Judul: Sherlock Holmes vs Kapten Kidd: Misteri Kapal House-Boat
Judul Asli: The Pursuit of the House-Boat: Being Some Further Account of the Divers Doings of the Associated Shades, Under the Leadership of Sherlock Holmes, Esq.
Pengarang: John Kendrick Bangs
Penerbit:  VisiMedia Pustaka (2013)
ISBN: 9789790651760
Jumlah Halaman: 320 pages
Tahun Penerbitan Perdana: 1897



Cuplikan dari sinopsis:
Apa jadinya jika sekelompok pesohor, seperti Napoleon, Socrates, Columbus, Julius Caesar, Monsieur Lecoq, bahkan Shakespeare bersekutu dalam ekspedisi pencarian kapal pesiar super mewah milik mereka???


***

Oh, hahahaha.... ya ampun kupikir ini salah satu cerita 'fanfiction' serius bergenre misteri-detektif-investigasi ala Sherlock Holmes. Ternyata bukan saudara-saudara. Ini adalah cerita bertema Bangsian Fantasy (percayalah, saya juga baru belajar tentang istilah ini), yang intinya adalah kisah yang mengambil tokoh fiktif maupun nyata untuk berinteraksi di dunia afterlife dalam sebuah kejadian.

Nah, di sini diceritakan ada sekelompok wanita (Elizabeth I, Cleopatra, Cassandra, Istri Nabi Nuh, Lucretia Borgias, dst, dst) yang tidak sengaja terculik oleh Kapten Kidd si Bajak Laut saat ia mencuri House-Boat yang ditambatkan di tepi sungai Styx. Para suami, tunangan dan saudara laki-laki mereka kemudian melakukan ekspedisi penyelamatan yang dipimpin oleh Sherlock Holmes (yang sebenarnya ingin balik ke London gara-gara belum terima dibuat mati oleh Sir Arthur).

Mulai sekarang, aku bisa kembali ke bumi lagi, bebas dari biaya, terlepas dari kenyataan pencipta agungku menginginkan aku di sana atau tidak. ~Sherlock Holmes~

Ceritanya sendiri tidaklah serius-serius sekali. Yang mengambil porsi terbesar dalam novel ini justru interaksi dan percakapan antar tokoh, yang hampir seluruhnya sebenarnya mengolok-olok tiap tokoh yang disebut. Dibaca dengan mood yang lagi bagus, saya hampir tidak bisa menahan tawa yang seringkali terlontar di tiap adegan. ^_^

***

Ternyata ini adalah sequel dari cerita bertema sama yang berjudul A House-Boat on the Styx.

VisiMedia tampaknya menerbitkan novel ini sejalan dengan semua novel Sherlock Holmes yang lain. Judul yang di cover buku ini menuliskan SH vs Kapten Kidd (yang dalam cerita sama sekali gak pernah saling melawan) dan Misteri Kapal House-Boat (yang dari awal sampai akhir gak pernah bermisteri sedikitpun). Kayaknya lebih pas judul aslinya ya, The Pursuit of the House-Boat (Pengejaran kapal House-Boat)... atau kata 'kapal' dan 'House-BOAT' malah sudah redundan??

Ya sudahlah, yang pasti buku ini bisa bikin pembacanya ketawa ketiwi gak karuan.





http://www.goodreads.com/review/show/703439181

1 komentar:

  1. suka sama semua cerita sherlock holmes :D yang dibayangkan pertama kali waktu baca kapten kidd malah kaito kid >.< hihihihii

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget