Kamis, 19 Juni 2014

Petualangan Tom Sawyer


Judul: Petualangan Tom Sawyer
Judul Asli: The Adventures of Tom Sawyer
Seri: Tom Sawyer and Huckleberry Finn #1
Pengarang: Mark Twain
Penerbit: Elex Media Komputindo (2010)
ISBN: 978-979-27-7299-9
Jumlah Halaman: 384 halaman
Penerbitan Perdana: 1876


The Adventures of Tom Sawyer pertama kali terbit tahun 1876, dan merupakan karya Mark Twain yang paling terkenal. Bercerita tentang petualangan bocah laki-laki bernama Thomas Sawyer yang biasa dipanggil Tom.
Tom Sawyer adalah bocah berambut keriting yang bandel dan senang bertualang. Dia selalu berusaha kabur dari aturan ketat Bibi Polly dan dari sepupunya, Sid, yang selalu mengawasi dan siap mengadukannya pada sang bibi. Tom yang cerdik selalu bisa mengubah kesedihan menjadi kesenangan-kesenangan yang kadang membuat teman-temannya iri.
Tom selalu punya akal untuk menciptakan petualangannya sendiri. Bersama sahabat setianya, Huckleberry Finn, dia menjelajah hutan, pulau tak berpenghuni, gua tak berujung, hingga rumah angker. Dan mereka mengalami petualangan yang lucu, seru, sekaligus menegangkan. 


Kisah klasik petualangan, kecerdikan dan kenakalan si bocah tengil Tom Sawyer dan sahabat-sahabatnya, Huck Finn, Joe Harper, dan tentu saja cinta monyet Tom, si cantik Becky Thatcher.



Ceritanya dibuka dengan kenakalan dan keisengan-keisengan bocah laki-laki biasa, bermain-main di seputar rumah dan sekolah mereka dan bagaimana Tom dengan cerdiknya melakukan berbagai cara untuk menghindari hukuman yang diberikan Bibi Poly. Tapi kemudian saat Tom dan Huck bermain-main di hutan membawa bangkai kucing untuk mengobati kutil di tangan Huck, mereka terlibat menjadi saksi dalam suatu kejahatan serius yang dilakukan Injun Joe dan komplotannya. Belum surut keributan itu, Tom kembali membuat heboh saat ia tersesat berhari-hari dalam lorong-lorong gua bersama Becky.




Endingnya yang dahsyat cukup dapat membuat semua bocah yang membacanya (termasuk aku) mengimpikan petualangan dan berharap dapat mengalami apa yang dialami Tom dan Huck.

Aku juga suka endingnya tentang Injun Joe, tragis tapi pas buat ceritanya. 


* * *


Sebenarnya 4 bintang buat ceritanya, tapi cuma 1 bintang buat edisi terjemahan terbitan Elex ini. Ya ampunnn.... typonya amat sangat banyak, sampai kalau saja dua halaman berlalu tanpa typo, malah aku yang jadi merasa ada hal yang kurang. #eh Benar-benar tidak nyaman bacanya. Jadi ingin baca edisi bahasa Indonesia tapi terbitan lain atau sekalian edisi bahasa Inggrisnya saja.


Meskipun demikian, baru kali ini aku berhasil menamatkan karya Mark Twain. Sebelum-sebelumnya, baik novel yang ini maupun yang Huck Finn, baca setengah buku lalu dilanjut baca summary dari novel guide *malu*  (-_-)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget