Selasa, 02 Agustus 2016

Kunin Bergolak (Lagi) (Penjelajah Antariksa #6)


Judul: Kunin Bergolak (Lagi)
Seri: Penjelajah Antariksa #6
Pengarang: Djokolelono
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (2016)
ISBN: 9786024240639
Jumlah Halaman: 192 halaman
Penerbitan Perdana: 2016




Lihat sinopsis
Ribuan tahun dari sekarang, Terra atau Bumi yang manusia tempati tiada akibat perang. Penduduk Terra berpencar mencari planet yang bisa mereka tinggali.

Dalam hitungan 24 bulan Starx, Kunin II sebagai pusat kekuatan Jenderal Roon akan diserang oleh Skuadron X, skuadron penghancur sama sekali bukan lawan seimbang. Veta dipaksa untuk membuat peralatan perang tandingan, kalau tidak sisanya akan dimusnahkan.

Di Kunin sendiri tanda-tanda pembangkangan makin terasa. Kerten dan Rahi, penjahat dan ahli racun nomor satu di Kunin sedang mempengaruhi semua penduduk untuk memberontak dan keluar dari planet penjara itu.

Dan Raz yang kini sudah berdamai dengan Vied masih belum juga sembuh dari penyakitnya. Ia sering sedih mengingat broa dan sisanya, kapan mereka bisa bertemu lagi.


Oke, cerita di sini lebih seru dari seri sebelumnya, taaaapiii... tetep masih seret kemajuan ceritanya. Mungkin karena sekarang setting cerita terpecah-pecah menjadi banyak sekali kepingan, hingga sulit menceritakan banyak hal tentang semuanya dengan jumlah halaman yang sangat terbatas.


AWAS!
MILD SPOILER AHEAD!!

Kepingan pertama, melanjutkan akhir kisah Kapten Raz, Vied masih melarikan diri bersama Cette dan Raz, serta Kapten Hann. Raz masih tak sadar diri, hingga akhirnya dimasukkan dalam bilik tidur abadi. Tak tahunya, ia malah mendapat tekanan bawah sadar, dan nyaris mencelakakan Broa dan Pamannya. Meskipun Vied berhasil diselamatkan, tapi harga yang harus dibayar terlalu besar. Sisi baiknya, Raz akhirnya sembuh (sort of) dan jadi lumayan ahli dalam ilmu kedokteran. Vied dan Raz lalu terus melanjutkan perjalanan ke Planet Kunin.

Di bagian lain bercerita tentang para kadet Naz-5 yang sedang dikejar-kejar Hon Gradi. Mereka malah kebetulan bertemu dengan pasukan Skuadron X. Dengan sedikit dalih dan 'kebohongan kecil', serta banyak-banyak keberuntungan, mereka malah mendapatkan pujian dari pemimpin pasukan X ini (plisss, terlalu banyak nama, sampai-sampai aku sudah lupa inih nama Jendralnya).

Di Planet Kunin sendiri, banyak pula hal yang terjadi di berbagai tempat. Rombongan Veta, Stri dan Mesi akhirnya diselamatkan pasukan Jend. Roon. Setelah berbagai strategi dan tawar-menawar, Veta akhirnya bersedia membantu merancang pertahanan darat dan angkasa Planet Kunin ini.

Sementara itu Omodu yang diselamatkan penduduk asli desa terpencil, malah berakhir menjadi mentor dan pelatih para pemuda desa yang hendak menghadiri Pesta Lente.

Di desa asal Omodu, Kerten dan Rahi punya agenda tersendiri, meski pengawasan Jend. Roon juga makin ketat terhadap mereka.  




Dalam buku keenam ini, aku suka adegan pertempuran para kadet Naz-5 vs Hon Gradi, lumayan mendetail hingga aku bisa membayangkan kedahsyatan adegannya. Manuver-manuver mereka 'nakal' dan nekad, khas kadet-kadet muda yang belum berpengalaman namun cerdas dan berani. Aku juga suka bagian perkelahian Omodu dengan Taub, plus sisi strategis sikap Omodu yang menyiratkan kepandaian memimpinnya. Gak sabar menanti kelanjutan cerita pemberontakan Jend Roon di Kunin, karena ini berarti Veta dan Stri akan segera bertemu Vied dan Raz (semoga!) (dan bukan sebagai pihak yang berlawanan!!)

Terakhir, twistnya tentang Hiqza ini, yang mulai dibangun dengan halus di buku kelima dan berlanjut di sini.... KWEREEN! *2 jempol buat pak Djkln* *mudah-mudahan bukan berarti memperpaaaaaanjaaaaang alur ceritanya jadi muter-muter gak karuan lagi d* :D


Daaaaan, aku berharap, dengan semua adegan-adegan kecil yang makin membara di sana dan di sini ini, seperti api dalam sekam yang hanya menunggu waktu untuk terbakar dengan ganas (halah!!), maka buku selanjutnya juga akan muncul dengan berbagai ledakan. Perang besar yang penuh adegan aksi seperti di buku pertamanya. Alur cerita yang berkembang cepat dan mengejutkan. Apa sajalah, yang penting seru. Jadi buku #7-nya kapan terbit ya??? ^^






https://www.goodreads.com/review/show/1714442823

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget