Jumat, 20 Juni 2014

Hideout


Judul: Hideout
Judul asli: Hideout
Pengarang: 柿崎正澄 (Masasumi Kakizaki)
Penerbit: Level Comic (2014)
ISBN: 978-602-02-3418-2
Jumlah Halaman: 228 halaman
Penerbitan Perdana: 2010



Seichii Kirisima, seorang penulis yang tertolak di semua perusahaan berusaha keras untuk membahagiakan keluarganya. Miki, istrinya terus menuntutnya untuk bekerja keras tanpa memahami permasalahannya.
Dengan semua kekalutan itu, Jun, putra mereka meninggal karena jatuh dari balkon sementara Seichii berada di kamar tanpa mengetahui Miki meninggalkan Jun sendiri. Ketika semua orang menekan dan menyalahkannya, Seichii merasa sangat ketakutan dan terus diteror dengan kemarahannya. Saat itu itulah kegelapan menyelimuti Seichii, pria yang sesungguhnya hanya menginginkan sebuah keluarga kecil yang bahagia dan berharap bisa memulai dari awal lagi.


Suatu malam saat sedang melihat update di akun goodreads, aku tertarik melihat cover manga ini. Ilustrasi seorang monster(?) sedang merobek dan mengintip melalui dinding kertas. Apalagi saat seorang teman menuliskan review singkatnya sebagai "Cerita dan gambarnya bagus. Suka sama komik ini." Sungguh menggelitik naluri kekepoanku. Maka kucarilah versi scanlation-nya di situs manga langgananku dan mulai membaca.

Kesalahaaaan besaaar......





Ceritanya memang bagus, sangat suram, menyeramkan, dan mendebarkan. Gambarnya juga amat sangat bagus. Terlalu bagus malah. Sangat jelas dan realistis, mendukung kisahnya yang sudah horor-thriller, sehingga membuatku merinding, terbayang-bayang, dan tidak bisa tidur. Semalaman.




Cerita dibuka dengan sangat biasa. Sepasang suami-istri berlibur di tepi pantai indah di sebuah pulau konon yang menyimpan misteri. Ternyata pasangan ini sedang dalam kedukaan, karena putra mereka satu-satunya belum berapa lama yang lalu tewas terjatuh dari lantai sekian apartemen mereka. Si istri dan keluarganya menyalahkan sang suami karena pada saat kejadian ia ada di apartemen. Tapi dari kilasan balik kisah, pembaca juga disuguhkan cerita tak sedap tentang si istri yang suka berfoya-foya dan tidak terlalu memperhatikan anak dan suami. Pokoknya pasangan ini tipe pasangan yang ruwet, bukan tipe keluarga harmonis bahagia sejahtera lah. Saking tidak bahagianya si suami ini, sampai-sampai ia sudah merencanakan awal yang baru bagi keluarga mereka. Sebuah rencana rahasia yang sudah dipikirkan sejak sebelum liburan mereka berdua ke pulau itu. Kebetulan sekali.... pulau yang mereka datangi... ternyata... juga memiliki rahasia-rahasianya sendiri..... aAAaaaaAAAaa.... *begin screaming*


Pengkisahan manga ini cukup mudah diikuti, karena alurnya berjalan mulus (walau ada kilasan-klasan balik singkat untuk memperjelas latar belakang kisah) dan hanya dari satu sudut pandang penceritaan saja, pov si suami yang berprofesi sebagai penulis. Namun justru karena itu, suasana horornya malah jadi semakin terasa, terbangun dengan baik dari halaman ke halaman, makin dalam menarik pembacanya ke kengerian di liku-liku gua-gua bawah tanah yang terabaikan dan pikiran-pikiran gelap nan sinting para tokohnya. Ditambah lagi, ini manga one-shot, jadi kisahnya padat, tidak bertele-tele berpanjang-panjang yang dapat membuat jenuh. Tidak. Manga ini hanya terdiri dari 9 chapter, dan masing-masing chapter sekitar 24 halaman. Karenanya kengerian yang dirasakan juga terasa padat dan intens. Ditambah lagi artwork-nya yang.... wuihh, gilaaaaak!! (dalam artian yang amat sangat bagus)

Cerita diakhiri dengan ending khas twist kisah horor. Sesuatu yang sudah kuduga akan terjadi sesuatu seperti itu, tapi saat terjadi, tetap saja aku bengong dan bergidik lagi.





Aaaaahhhh.... sudah cukup daah. Pokoknya gak akan baca cerita horor lagi.............

*etapi, karena sesuatu hal, kemarin ke TM, dan aku dengan sangat sadarnya mau juga beli manga ini edisi Bahasa Indonesianya. dasar!! *


Sedikit tentang penulis:
Ternyata Masasumi Kakizaki ini adalah co-writer dari serial shonen Rainbow lho... dulu animenya cukup sering kuikuti, sayang aku tidak tahu tamatnya. LC nerbitin serial manga ini gak ya?

More about the author:
http://greenblood.wikia.com/wiki/Kakizaki_Masasumi



2 komentar:

  1. wah, ada diriku disebut :v
    mangakanya ada keluarin manga genre sejenis gak yah. Pengin baca karya lainnya.

    BalasHapus
  2. yuuup.... gara-gara ripiu biondy siih.... =)
    duluuu ada anime rainbow yang diputer malam2 di animax. baru tau skrg kalo itu manga nya yang bikin mangaka yg sama, tapi gak tau manga nya terbit di sini atau tidak. ceritanya dark juga... kehidupan penjara.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget