Kamis, 07 Januari 2016

JapLit RC - Masterpost



Jap-lit.
Pertama kali berkenalan dengan pengarang Jepang tentu saja berkat manga-manga yang terbit bertebaran saat masih "masa pertumbuhan" dulu. Tapi kemudian, saat meningkat membaca novel-novelnya, sangat terasa bahwa alur pemikiran dan alur cerita yang ditawarkan memang sedikit berbeda dari novel-novel lokal maupun novel barat. Aneh mungkin bukan kata yang tepat. Unik atau tidak biasa, lebih bisa digunakan. Cara pandang budaya yang memandang tinggi pada kehormatan diri. Hal-hal inilah yang bikin aku pertama kali jatuh cinta pada Jap-Lit pada umumnya.

Selain novel-novel kontemporernya, aku juga sangat tertarik pada kisah-kisah sejarah klasik dan cerita-cerita misterinya. Karena itu, saat mendengar Opat sang pemilik blog Casual Book Readers akan menghost sebuah reading challenge bertema JapLit, aku langsung semangat untuk mengikutinya. Setumpuk novel karya Yoshikawa-sensei langsung kubongkar dari timbunan, sekaligus beberapa novel Akutagawa, Murakami, Ryu Murakami dan Kawabata. Novel-novel yang selalu ingin kubaca, tapi selalu pula tertunda-tunda karena mencari waktu dan mood baca yang pas. Sudah... gak perlu nanti-nanti lagi, pokoknya sekarang harus mulai dibaca!!


Aturan RC ini simple kok. Baca bukunya, lalu tulis review. Setiap kali melakukannya kamu dapat 1 poin. Pengin poin yang lebih besar? Baca buku-buku yang sudah ditentukan di sini (aturan-aturan lain juga bisa dibaca di situ). Tuuuhh... gak pake susah dan ribet kan. Yuk, ikutan juga... Japanese Literature Reading Challenge 2016

はい, 頑張ります

6 komentar:

  1. Wow, pembaca garis keras juga ikutan! Thanks Kak Cyn! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkyu rc-nya kak opat :)

      *pembaca garis keras tu koyok opo to?*

      Hapus
  2. Belum pernah baca japlit, mungkin lain kali.
    Happy reading kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus2 loh mbak, sudut pandang hidupnya beda... buku romance n light novelnya juga asyik2... #promositiadahenti

      Hapus
  3. Balasan
    1. kita kan bakal baca Musashi/Taiko barengan mastez :p

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget