Sabtu, 30 Januari 2016

Percy Jackson's Greek Gods + Guessing Santa


Judul: Percy Jackson's Greek Gods
Judul Asli: Percy Jackson's Greek Gods
Pengarang: Rick Riordan, John Rocco (Ilustrator)
Penerbit: Mizan Fantasi (2015)
ISBN: 9786020989884
Jumlah Halaman: 500 halaman
Penerbitan Perdana: 2014




Lihat sinopsis
Saat sebuah penerbit di New York memintaku menuliskan apa yang kuketahui tentang dewa-dewi Yunani, tanggapanku adalah, “Apa kita bisa melakukannya secara anonim? Karena aku tak mau para dewa Olympia marah padaku lagi.” Tapi kalau itu bisa membantumu mengenali dewa-dewi Yunani, dan bertahan hidup dari pertemuan dengan mereka kalau-kalau mereka muncul di hadapanmu, maka kurasa menuliskan semua ini bisa menjadi perbuatan baikku di minggu ini.

Dalam Percy Jakson’s Greek Gods, putra Poseidon menambahkan mantranya sendiri—selain sarkasmenya—kepada kisah klasik ini dan menyuguhkan kepada pembaca pandangan pribadinya pada masing-masing tokoh masa purba, dari Apollo sampai Zeus. Kalau kau menyukai banyak penipuan, pencurian, pengkhianatan, dan kanibalisme, bacalah terus, karena ia jelas merupakan Masa Keemasan bagi semua itu.

Baik kau masih awam dengan mitologi Yunani ataupun sudah sangat paham, buku yang sangat menghibur ini akan membuat kisah-kisah dari masa lampau itu jadi relevan dan sulit dilupakan.

Dewa-dewi Yunani merupakan legenda yang tampaknya tak pernah habis diceritakan dan diceritakan kembali dalam berbagai versi berbagai bentuk. Beberapa versi re-telling-nya malah sempat tenar sebagai serial televisi, seperti Hercules dan Xena: Warrior Princess, duluuu.... Nah, tapi bagaimana kisah dan sejarah lengkap para dewa-dewi ini, mungkin banyak yang belum tahu. Karena itulah, Percy Jackson, demigod bermulut lancang dari seri PJO dan HOO, mengambil resiko kesambar petir Zeus, pedang Athena dan serangan pembacaan haiku oleh Apollo (dan mungkin juga diputuskan pacarnya) untuk menuliskan buku ini.  Itu resiko yang sangat berbahaya looo... (terutama haiku Apollo!!), jadi jangan dianggap remeh.

 Di sini PJ memulai kisahnya bukan dari dewa-dewa tersebut, melainkan jauh ke belakang, sejak masa kekosongan dan dewa pertama, Chaos. Lalu Chaos memunculkan Gaea, dan Gaea menghadirkan Ouranos. Lalu dari mereka berdua hadirlah para Titan dan (mengutip kata-kata PJ sendiri) masa-masa keemasan kanibalisme.

Zeus dan dewa-dewi yang lain muncul setelah masa para Titan ini berlalu. Kenapa berlalu, yah, silakan dibaca sejarahnya di sini... dan yang mungkin para pembaca PJO yang penasaran kenapa para Titan dan para Dewa ini bersiteru sampai ke dasar liang Tartarus and beyond,  ada semua ceritanya di sini. Juga termasuk pertengkaran-pertengkaran antar dewa-dewi dan demigod dan para manusia yang terjebak di tengah-tengahnya. Tentu saja semuanya dituliskan dengan gaya Percy Jackson yang penuh humor dan sarkasme menggelitik. Satu contoh yang membuatku ngakak gak ketulungan ini misalnya,
“Yang membuatnya menjadi terkenal adalah karena Bulu Domba Emas berakhir di kerajaannya sehingga menjadikan tempat itu kebal dari penyakit, serangan perang, jatuhnya pasar saham, kunjungan dari Justin Bieber, dan kurang lebih bencana alam lainnya.”

Duuhh... Percy... segitunya sama Bieber..... :D :D






Seperti yang sudah kuposting sebelumnya, riddle dari Santa kali ini gampang-gampang susah. Sekilas membaca, kupikir aku langsung tahu siapa Santa baik hati ini, karena blog-blog-nya sudah sering sekali kusambangi, tapi setelah kucermati lagi, eh ternyata blog yang terdaftar dalam event SS2015 ini bukanlah blog yang kupikir diacu oleh riddle yang kudapat. Beberapa tersangka lain sempat muncul dalam radarku, tapi tidak terlalu meyakinkan.

Setelah kupikir-pikir, kutimbang-timbang, akhirnya aku memutuskan (busseet, ini tebak riddle opo bikin SK) untuk tetap menjawab sesuai dengan tebakan awalku, yaitu.... *drum rolling*


Mbak MARIA HobbyBuku


Benar kan?? Yaaaa, benaaar ya!! :D
Terima kasih Mbak Maria *ketjup*

Semoga tebakanku ini benar adanya, tapi (kalau salah) siapa pun dirimu Santa-ku, terima kasih untuk kado spesialnya ini. Aku senang sekali bisa memiliki dan membaca buku cantik (edan sih, tapi tetep cantik) ini.


Reading Challenge:



Posbar BBI Januari 2015:
Buku SS2015 + tebak Santa


https://www.goodreads.com/review/show/1468430913

13 komentar:

  1. Terus itu bukunya buat ganjel apa, Ka Cyn? #terusdibekep

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya dielus-elus, disayang-sayang dunk kak lil....

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kalo Alice dari timur kayaknya emang bener mbak Maria deh XD

    BalasHapus
  4. kalo tebakan mbak cindy bener, berarti tebakanku yg salah. Padahal kalo dimasukkin google, keluar lho kalimat persis itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaaaakk.... saya terbukti salah mbadew...
      jadi siapakah santaku ini??

      Hapus
    2. Yang blognya ada kata2 wonderland-nya menurutku sih, mbak cin. Coba kepoin blog pribadinya. Ada kalimat persis di riddlemu. Dia emang belum post review siihh.
      Santanya dia juga nungguin. *lirik2 ke santanya*

      Hapus
  5. yeay, semoga tebakannya benar, mbk cyin ^^

    BalasHapus
  6. Aku juga sempat ngira Mba Maria santaku :P...tapi penyuka Alice banyak sih, hahaha

    Jadi inget, dulu aku punya juga buku ini tapi versi English dan dikirim yang edisi UK. Karena bete, jadi kukasih buat hadiah IRF dan beli terjemahannya X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaiikkss.... tau gitu, aku swap pas irf -_____-
      *terus dapet hadiah dr santa gimana* :p

      Hapus
  7. penasaran niiih... jadi siapa santamu cin???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada yg mo ngaku jadi santaku.... huiksss.... *usrek2tanahdipinggiran*

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget