Minggu, 24 April 2016

Q & A


Judul: Teka-teki Cinta Sang Pramusaji
Judul Asli: Q & A
Pengarang: Vikas Swarup
Penerjemah: Agung Prihantoro
Penerbit: Serambi (2008)
ISBN: 9789790240520
Jumlah Halaman: 458 halaman
Penerbitan Perdana: 2005
Literary Awards: Exclusive Books Boeke Prize (2006)



Lihat sinopsis
Ram Mohammad Thomas hanyalah pramusaji bar. Tak pernah sekolah. Namun, siapa sangka ia akan memenangkan kuis satu miliar rupee. Dua belas pertanyaan dijawab dengan sempurna. Semua tercengang. Ram ditangkap dan dipaksa menandatangani surat perjanjian yang menyatakan dirinya melakukan kecurangan. Ram tak punya pilihan lain.

Ram menjejak ke bumi ini tanpa tahu siapa ibu dan ayahnya. Akal, kalbu, dan tubuhnya digembleng oleh perjalanan nasib dari satu kota neraka ke kota neraka lain, Delhi, Mumbai, Dharavi, Agra. Tapi ia juga dihibur film-film Bollywood, ditenteramkan keindahan Taj Mahal, dibuai kenikmatan lokalisasi.... Dia pun jadi bocah tangguh yang berkarib dengan Salim, berguru piano pada Romo Timothy, nyaris meratapi kakinya yang hendak dipotong, membunuh perampok, dan mencintai seorang pelacur. Semua itu membuhul dalam penampilan cemerlangnya menjawab dua belas, bahkan tiga belas pertanyaan kuis
Who Will Win A Billion.

Gabungan kisah lucu, tragis, melodrama, hingga action thriller yang ditutup dengan sangat manis ini seolah merangkum pancarona nestapa realitas bangsa semiliar perkara, yang dalam beberapa hal tak jauh dari keadaan Tanah Air kita. sebuah kisah pergulatan cinta dan teka-teki takdir anak manusia.


Apa yang diperlukan untuk memenangkan acara kuis pertanyaan seperti Who Wants to be a Millionere yang dulu ditayangkan di salah sebuah stasiun TV Indonesia? Kepandaian setinggi langit? Pengetahuan umum seluas samudra biru? Atau alat teknologi canggih terbaru yang bisa membuatmu mencurangi seluruh penggarap kuis?

Menurut Ram Mohhammad Thomas, bukan itu semua. Kamu hanya perlu keberuntungan sebanyak 12 kali, untuk kebetulan mengetahui kedua belas jawaban pertanyaan yang diajukan. Tidak perlu tahu hal-hal lain, tidak perlu menghafalkan seluruh nama mata uang di dunia, skor dan statistik seluruh tim olahraga dan atlet-atletnya, ataupun sejarah dunia hingga mendalam. Tidak perlu. Hanya 12 kali keberuntungan untuk 12 pertanyaan itu saja. Titik.

Dan hasilnya 1 Milliar Rupee menjadi miliknya.

Atau hampir menjadi miliknya, sebelum ia digelandang ke kantor polisi, disiksa dan dipaksa menandatangi pernyataan bahwa ia curang dalam kuis itu.


Kisah pun bergulir, perlahan-lahan pembaca disuguhi kisah hidup Ram, atau Mohammad, atau Thomas -namanya tergantung situasi apa yang ia alami pada saat itu-  dan dua belas fragmen dalam kehidupannya yang keras di kota Delhi, Mumbai, Dharahi dan Agra. Dari masa kanak-kanaknya yang lumayan bahagia di bawah asuhan seorang pastor gereja, hampir dijadikan anak cacat pengemis, menjadi pembantu rumah seorang mata-mata berkebangsaan Australia hingga saat-saat menegangkan bertarung dengan seorang perampok kereta api.

Dalam perjalanan hidupnya itu, Ram juga terlibat dengan tiga orang wanita yang disayanginya, Gudiya, gadis remaja yang dianggapnya sebagai seorang kakak, yang hidup di sebelah rumah petaknya di Mumbai dan kerap disiksa ayahnya, Neelima Kumari, seorang artis cantik di kota Delhi yang sudah tak laku lagi, dan Nita, seorang pelacur remaja di kota Agra yang membuatnya jatuh cinta bukan kepalang. Wanita-wanita inilah menjadi pemandu nasibnya, dan motivator sebenarnya dari keikutsertaan Ram dalam kuis keparat itu.

Alur cerita yang maju mundur sesuai dengan pertanyaan kuis yang diajukan, menambah daya tarik novel ini. Pembaca harus sabar menanti saat satu persatu potongan puzzle kehidupan Ram terkuak, dan harus ditempatkan di tempat yang benar. Sebelas potongan yang membuat potret kehidupannya tergambar secara utuh, dan satu lagi potongan kunci terakhir yang menjelaskan kesemuanya. Duh, aku suka sekali twist di akhir kisah ini. Puntiran cerita yang pas, yang membuatnya berubah dari dongeng pilu tears-jerking ala Bollywood, menjadi kisah thriller-revenge yang cukup solid. Tiga bintangku harus rela kutambah menjadi empat demi Bab 1.000.000.000 itu.


Akhirnya, ini memang drama India, dengan setting India, karakter-karakter yang juga sangat India dan ending yang sangat Indiahe sekali. Tapi aku menikmati setiap potongan kisah Ram, dan akhir happy endingnya yang happy sekali untuk semua orang. :D



Edisi bahasa Indonesianya ini diterjemahkan dengan bagus oleh Penerbit Serambi. Penggunaan kosa-kata Bahasa Indonesia berlimpah dengan kata-kata yang tak kerap lagi dipakai, seperti boyak, melalau, rengsa, tugur, onyah-anyih, jember, renyuk, dan banyak lagi. Aku harus cukup sering membuka kbbi daring untuk mengecek arti kata-kata ini. Salut untuk penerjemah novel ini. Anda layak dapat bintang juga.

Yang tidak aku sukai justru ilustrasi cover dan judul terjemahannya. Kalau saja tidak tahu jika ini adalah versi terjemahan dari novel Q & A yang mengilhami film pemenang Oscar Slumdog Millionaire, gak bakalan deh aku tertarik membacanya. Warna merahnya memang keren, tapi gambarnya?? Lalu judulnya... Teka-teki Cinta Sang Pramusaji, hmmm... #pret  why do I care?

Gelonya lagi, ternyata ini adalah versi cetul dari novel yang sama yang diterbitkan oleh penerbit yang sama pula di tahun 2006. Dan di situ, judul dan covernya jauh lebih keren. Ada yang mau tukeran edisi Q & A ini denganku? #ngarepdotcom ^.^





https://www.goodreads.com/review/show/1612947319

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget