Sabtu, 23 April 2016

Scene on Three (#6) - A Golden Web



A Golden Web
By Barbara Quick
Mengapa Tuhan memberinya hasrat dan benak yang selalu bertanya-tanya jika Tuhan tidak menghendaki dia menggunakannya? Mengapa dunia dan seluruh alam terhampar bagaikan sebuah buku terbuka, menunggu untuk dibaca dan dipahami, jika Sang Pencipta tidak menginginkannya mengungkap rahasia-rahasia dan memahami kebijaksanaan di dalamnya? Bukankah ini suatu pembuktian rasa hormat, untuk berusaha memperbaiki kualitas makhluk yang telah Tuhan berkati dengan kecerdasan dan akal sehat, yang tidak diberikan kepada makhluk-makhluk lainnya? Perempuan diciptakan terakhir, setelah semua hewan dan Adam sendiri. Mengapa Tuhan melakukan itu jika Dia bermaksud menciptakan perempuan sebagai sesosok makhluk yang lebih rendah? Jika memang begitu, mengapa Dia tidak menciptakan perempuan tepat setelah hewan-hewan dan sebelum Adam?

Kutipan kali ini sedikit berbeda, bukannya deskripsi pemandangan/manusia/ situasi/kota, tapi malah setumpuk pertanyaan yang diajukan oleh karakter Alessandra Giliani di novel hisfic/biografinya, A Golden Web (review di sini). Tokoh Alessandra ini adalah seorang perempuan muda yang haus akan ilmu pengetahuan dan suka sekali mempelajari alam sekitarnya. Sayangnya ia hidup di masa ketika kesempatan belajar bagi wanita masih tertutup rapat-rapat, sehingga akhirnya ia menempuh jalan sulit untuk berkuliah kedokteran di kota Bologna, Itali dan akhirnya menjadi perempuan pertama ahli anatomi tubuh manusia.

Pertanyaan-pertanyaan Alessandra ini jadi menarik, karena ia mempertanyakan kedudukan perempuan dan terlebih lagi, mengapa perempuan diberikan kemampuan berpikir dan belajar jika tidak untuk dipergunakan semaksimal mungkin... Sebuah pertanyaan tentang kesetaraan gender dalam dunia pendidikan yang sama dengan semangat Kartini yang hidup sekian tahun sesudahnya di belahan dunia yang berbeda.


***dituliskan masih dalam semangat hari Kartini***



Apa scene-mu hari ini?
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget