Rabu, 26 Februari 2014

Wishful Wednesday - KLA 2013

Wishful Wednesday 2014 #1

Yayy... ikutan posting WW lagi. Modus nih, semangat bikin WW kalo penyelengaranya lagi bikin GA :))

Iya, jadi hari Rabu ini, meme Wishful Wednesday yang di host di blog Books To Share-nya Mbak Astrid yang paling baik sudah menginjak usia 2 tahun. Selamat ultah ya WW. Semoga makin sering bagi-bagi GA. #eh. Aku sekalian ngeramein event ini, plus sekalian berharap siapa tahu keberuntungan berpihak pada diriku, boleh dunk. Buat yang pengin tahu apa hadiahnya, plus bagaimana cara mengikutinya, ayo silakan di cek di blog tersebut.


Buku yang sedang kuinginkan saat ini, adalah dua buah buku yang terpilih sebagai short-list Khatulistiwa Literary Awards tahun 2013 lalu. Aku sudah membaca Pulang karya Leila S. Chudori yang jadi pemenangnya, dan menurutku itu salah satu novel Indonesia yang luar biasa mengesankan. Idenya, penceritaannya, juga settingnya. Sentimentil sekaligus jujur. Nah, selanjutnya, aku juga ingin baca Pasung Jiwa - nya Okky Madasari dan Murjangkung karya A. S. Laksana.


           

Pasung Jiwa:

Apakah kehendak bebas benar-benar ada?
Apakah manusia bebas benar-benar ada?

Okky Madasari mengemukakan pertanyaan-pertanyaan besar dari manusia dan kemanusiaan dalam novel ini.

Melalui dua tokoh utama, Sasana dan Jaka Wani, dihadirkan pergulatan manusia dalam mencari kebebasan dan melepaskan diri dari segala kungkungan. Mulai dari kungkungan tubuh dan pikiran, kungkungan tradisi dan keluarga, kungkungan norma dan agama, hingga dominasi ekonomi dan belenggu kekuasaan.

Buku tersedia di sini.

Murjangkung: cinta yang dungu dan hantu-hantu

Mereka datang 243 tahun sebelum negeri mereka menemukan kakus. Mula-mula mereka singgah untuk mengisi air minum dan membeli arak dari kampung Pecinan di tepi barat sungai; lima tahun kemudian mereka kembali merapatkan kapal mereka ke pantai dan menetap di sana seterusnya. Tuan Murjangkung, raksasa berkulit bayi yang memimpin pendaratan, membeli dari Sang Pangeran tanah enam ribu meter persegi di tepi timur sungai. Di sana ia mendirikan rumah gedong dan memagar tanahnya dengan dinding putih tebal dan menghiasi dinding pagarnya dengan pucuk-pucuk meriam.—"Bagaimana Murjangkung Mendirikan Kota dan Mati Sakit Perut".


Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-Hantu adalah kumpulan cerpen kedua A.S. Laksana setelah Bidadari yang Mengembara (buku sastra terbaik tahun 2004 versi Majalah Tempo).

Buku tersedia di sini.


Untuk Pasung Jiwa, aku tidak ragu bahwa karya Okky Madasari yang satu ini akan sekuat karya-karyanya sebelumnya. Semua novel Okky memang sangat kusukai (terutama Entrok), karena ceritanya yang tidak biasa dan karena adanya karakter-karakter wanitanya yang kuat. Tapi tampaknya novel ini bahkan akan menceritakan sesuatu yang 'lebih', karena salah-satu karakter utamanya bukan hanya tangguh, tapi juga adalah seorang transgender. Perhatikan saja covernya, gambar wanita cantik yang terpenjara itu, punya jangkun lho...

Sedangkan untuk Murjangkung, aku baru tahu kalau nama Murjangkung itu adalah julukan untuk Gubernur Jendral Belanda Jaan Pieterzoon Coen yang mendirikan kota Batavia (thanks to komik Sawungkampret). Lebih dari itu, antologi cerpen ini sudah menangkap rasa penasaranku sejak membaca sub judulnya: Cinta yang Dungu dan Hantu-Hantu. Enuff said.

* * *


Yuk, ikutan Wishful Wednesday dengan cara:

1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu

2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!

3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.

4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu.

8 komentar:

  1. waahh.. kalau ga disinggung, ga merhatiin ternyata ada jakunnya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku jg ga sengaja merhatiinnya, jadi nilai plus buat covernya yang ga biasa ini :)

      Hapus
  2. Bukunya @aslaksana yang aku punya baru Creative Writing :) Semoga terkabul

    @asysyifaahs
    bit.ly/WWke6

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belum pernah baca ASL sama sekali... *tutupmuka* (-________-)

      Hapus
  3. samaaa.aku juga penasaran sama dua buku ini XD padahal si "pulang" masih ada di timbunan haha...semoga beruntung yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak... pulang bagus mbak, keluarin dari timbunan yuuuuks :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget