Minggu, 05 April 2015

Enter The Magical Realm - Ranger's Apprentice Series


Sebenarnya sih jatah postinganku ini untuk membahas novel-novel fantasi underrated, tapi kali ini kubelokkan sediiiiikit untuk mengobrolkan sebuah seri novel fantasi yang hanya diterjemahkan dan diterbitkan 3 novel awalnya saja di Indonesia. Sisanya (total ada 12 buku) tak terdengar kabarnya lagi karena penerbitnya di sini keburu almarhum. Yup, maksudku adalah seri Ranger's Apprentice karya John Flanagan yang dulu sempat terbit oleh Penerbit Matahati itu lo.


Ranger's Appentice terbitan Matahati
1. Reruntuhan Gorlan
2. Jembatan yang Terbakar
3. Daratan Yang Terselubung Es



Yang paling aku sukai di seri ini adalah bagaimana melihat si karakter utamanya, Will Treaty, tumbuh dan berkembang dari bocah gak karuan terlalu bersemangat, jadi murid Ranger yang selalu mau tahu, jadi Ranger muda yang dapat dipercaya, lalu diangkat jadi seorang Ranger utama yang penuh perhitungan, dan nanti akhirnya, di seri finale-nya jadi Master Rager yang dapat membimbing muridnya dengan ketekunan yang sama seperti dulu saat dulu ia dibimbing. Full circle. Dari murid hingga memiliki murid. Tiap tahap dipenuhi petualangan seru dan kejadian-kejadian, pahit dan manis, yang lebih "mendewasakan" dirinya.

Selain Will, tokoh-tokoh lainnya -sahabat-sahabat Will- seperti Horace si Prajurit, Alyss si Diplomat, Jenni yang suka masak, Gilan si Bangsawan yang lebih memilih jadi Ranger atau Evanlyn alias Putri Cassandra, semuanya juga ikut berkembang dalam seri ini. Persahabatan yang terjalin di antara mereka terasa sangat wajar, kadang diikuti perselisihan dan perbedaan pendapat, namun kemudian dengan bantuan teman-teman yang lain, kembali menyatu dan tertawa bersama lagi.

1. The Ruins of Gorlan
Kisah pertama seri ini dan masih banyak merupakan perkenalan tokoh. Si Will kecil yang masih bocah, lincah seperti tupai, hobi mencuri roti dari dapur kastil dan berkelahi dengan Horace yang berbadan jauh lebih besar, dan dengan kecerdikannya tidak selalu kalah. Suatu saat, kelincahan dan kecerdikannya menarik perhatian Halt, seorang Ranger veteran, yang kemudian mengejutkan semua orang karena mengambilnya menjadi murid. Di akhir kisahnya, Will harus menghadapi musuh pertamanya, seekor makhluk myth mengerikan, di puing-puing reruntuhan Gorlan.
Reruntuhan Gorlan


2-3-4. The Burning Bridge - The Icebound Land - The Battle for Skandia
Petualangan Will selanjutnya, sambung-menyambung dalam 3 buku. Di sini Will dan seorang gadis bernama Evanlyn menggagalkan penyerbuan bangsa Skandia dengan nekad membakar sebuah jembatan utama, kemudian mereka diculik sebagai budak di negeri yang selalu tertutup bersalju es dan akhirnya, saat akan diselamatkan Halt dan Horace, malah terlibat dan membantu peperangan melawan bangsa Temujai.
Edisi terjemahannya berhenti di seri #3, jadi bayangkan saja bagaimana cerita ini menggantung gak jelas apakah Will dan Evanlyn bisa kembali atau tidak, bagaimana dengan pertempuran Skandia vs , bagaimana.....
Jembatan Terbakar
Daratan Tertutup Es
The Battle for Skandia


7. Erak's Ransom
Secara penerbitan ini buku ke #7, namun secara kronologis kisahnya ada di antara buku 4 dan 5. Di sini pemimpin bangsa Skandia, Erak, diculik saat menyerang dataran padang pasir di daerah selatan, sehingga Evanlyn, a,k.a Putri Cassandra bertindak sebagai negosiator untuk pembebasannya. Tentu saja dibantu Halt, Will, Horace, dan juga Gilan. Ceritanya juga seputar kegalauan Will yang sebentar lagi akan diangkat jadi Ranger penuh, lepas dari bimbingan Halt sebagai gurunya.
Erak's Ransom

5-6. The Sorcerer in the North - The Siege of Macindaw
Kedua buku ini menceritakan petualangan Will saat pertama kali menjaga Fief-nya sendiri, kemudian diutus untuk menyelidiki keadaan di daerah utara yang dikhawatirkan sedang terjadi perebutan kekuasaan antara Lord yang berkuasa dan putranya. Alyss di sini juga sudah dipercaya menjadi diplomat muda, yang juga menyamar di kastil tersebut untuk membantu Will. Senang melihat Will belajar mengambil keputusan sendiri dan tetap tenang menggunakan otaknya daripada hatinya yang meledak-ledak emosional.
The Sorcerer in the North
The Siege of Macindaw

8-9. The Kings of Clonmel -  Halt's Peril
Giliran Will dan Horace yang harus membantu Halt dalam mengahadapi bandit-bandit negeri Clonmel yang memeras dan menyiksa penduduk. Ternyata negeri ini memegang banyak rahasia masa lalu Halt yang kelam dan tak disangka-sangka.
The Kings of Clonmel
Halt's Peril

10. The Emperor of Nihon-Ja
Horace hilang saat menjadi utusan ke negeri Nihon-Ja, dan Evanlyn meributi semua orang sampai akhirnya Will, Halt dan Alyss meminjam kapal Skandia milik Erak untuk mencarinya. Di sana mereka kembali terlibat dengan pemberontakan dan harus menolong seorang Raja kembali ke tahtanya.
The Emperor of Nihon-Ja

11. The Lost Stories
Kumpulan kisah-kisah pendek seputar negeri Araluen dan tokoh-tokohnya.

12. The Royal Ranger
Setelah bertahun-tahun dinantikan, akhirnya kisah pamungkas seri ini diterbitkan di tahun 2013 lalu. Di sini Will akhirnya diserahi tanggung jawab seorang murid yang harus dididiknya menjadi seorang Ranger, namun si murid bukan sembarang murid....



Sebuah bildung-romance fantasi-adventure yang menyenangkan. Dibandingkan seri murid-guru yang lain, Spook Apprentice yang gelap dan melelahkan atau Assassin Apprentice yang terlalu berat dengan intrik, aku jauh lebih suka seri ini. Hangat, seru dengan petualangan, dan walaupun diberikan masalah-masalah pelik nan berat, namun terasa ringan di hati karena selalu ada tokoh sahabat tempat berbagi duka dan beban. Dan tidak seperti seri Septimus Heap yang sudah terbit sampai tamat walau sempat berganti penerbit, seri ini masih terlupakan di sudut dunia penerbitan buku fantasi. Semogaaaa suatu saat, ada yang mau meneruskan menerbitkan buku terjemahannya yaaa.....



Untuk Grand Giveaway subgenre Science Fiction and Fantasy:


1. Tebaklah satu judul buku sesuai petunjuk yang diberikan masing-masing pemilik 16 blog. Huruf pertama dari judul buku itulah yang akan menjadi HURUF KUNCI-nya. Berikut ini petunjuk dariku:
  • Buku ini merupakan salah satu buku genre Magic Realism (lihat pembahasannya di sini).
  • Bersetting Jepang modern. 
  • Kucing bisa ngomong.

2. Silakan tebak judul bukunya, kemudian ambil huruf pertama dari judul buku tersebut.

3. Judul buku yang digunakan adalah versi aslinya, bukan terjemahan. (Misalkan Inheritance yang meski diterjemahkan menjadi Warisan, tapi yang kita gunakan tetaplah huruf I nya),

4. Khusus untuk judul buku yang ternyata berawalan The, harap abaikan huruf 'T' di depan, sehingga yang digunakan adalah kata setelah the.
(Misalkan The Alchemist, maka yang digunakan dalam menyusun kata adalah huruf A bukan T)

5. Setelah menemukan 16 huruf dari masing masing blog, susunlah huruf huruf tersebut menjadi kata kata.  Ingat, hanya kata bukan kalimat (seperti permainan scrabble).

6. Jawaban dimasukkan ke dalam google docs yang bisa diakses lewat masing masing blog peserta SF/F. Tetapi, setiap pesesrta hanya diperbolehkan mengisi sekali, jangan lakukan berulang ulang di blog yang berbeda. Isilah di salah satu dari 16 blog yang kamu kunjungi.

7. Peserta yang paling banyak menyusun kata ( kata tersebut harus dalam bahasa Indonesia dan tercantum di Kamus Besar Bahasa Indonesia), dialah yang menjadi pemenangnya.

8. Hadiahnya:
Hadiah 1: voucher buku senilai Rp.240.000
Hadiah 2: berupa 1 novel Game of Thrones edisi terjemahan
Hadiah 3: Seri Scary Tales (1-3) karya James Preller & Iacopo Bruno
Hadiah 4: Novel Paranormalcy dari Kiersten White dan Wings dari Aprilynne Pike.

9. Selamat berburu huruf, lalu masukkan jawabanmu ke form berikut:






8 komentar:

  1. Sayang banget ya terjemahannya ga dilanjutin.. u,u

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mungkin setelah matahati "berhenti beroperasi" belum ada yg tertarik meneruskan gara2 serial ini memang panjang sampa 12 buku. takut pembacanya keburu bosan... *sigh*

      Hapus
  2. Aku ngelanjutin pakai ebook, tapi terus malas... hahaha

    Seri fantasy panjang yang terus kupantengin saat ini cuma Dresden Files yang sdh 15 jilid, masih going on, plus buku kumcernya... 😊

    BalasHapus
  3. Aku ngelanjutin pakai ebook, tapi terus malas... hahaha

    Seri fantasy panjang yang terus kupantengin saat ini cuma Dresden Files yang sdh 15 jilid, masih going on, plus buku kumcernya... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lanjut trussss mbak threez, sampe no 10.... trus taun lalu dicolek siapa gitu, katanya lanjut terbit no #12... mana si "tttiiitt" dibikin mati pula #eh #spoiler

      Hapus
  4. Kaaaaak, clue-nya tambahin satu lagi, dong. Udah ada bayangan sih judulnya apa, tapi kok masih belum yakin. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haruki murakami
      *jeeedeeenggg* *kalo masih gak bisa kebangetan* wakakaka :))

      Hapus
    2. Bahahaha, oke sekarang sih sudah yakin. Tadinya bingung, buku "ini" atau robot kucing kesayangan kita semua itu.. *ngakak* Makasih banyak ya, kakaaaaaak! <3

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget