Senin, 15 Februari 2016

(Notes Between Pages) Most Singular Couples

Image source here 



Hepiii palentins (+1 hari) temaaaans... ^.^

Demi hari kasih sayang kemarin, kali ini aku akan memposting 7 pasangan saja yang menurutku paling uwaaaarbiyasak dari buku-buku favoritku. Beberapa mungkin bukan pasangan biasa, tapiiii.... tetap saja, hubungan mereka terasa paling hangat di hatiku #eaaaak

Pokoknya tidak bisa menyebut satu tokoh di sini tanpa langsung teringat pada pasangan tokohnya.

Tokoh-tokoh ini keluar dari novel, graphel, komik dll, dan dari berbagai genre yang ada, bukan hanya novel romance saja. Jadi kisah mereka juga bukan melulu kisah cinta. Yuuuk, mulai menyimak...


Seven Most Singular Couples from My Fav Books,

(in no particular order):

1. Elizabeth Bennet & Fitzwilliam Darcy - the lovey dovey classic couple


Honorable mention: Anne Elliot & Capt. Wentworth, Scarlett O'Hara & Rhett Butler, Anne Shirley & Gilbert Blythe, yang berujung tragis, Romeo & Juliet, Hamlet & Ophelia, serta yang dari negeri sendiri, Midun & Halimah, Zainuddin & Hayati, Mahesa Jenar & Rara Wilis

Siapalah para pembaca buku (klasik) yang tidak mengenal nama-nama yang kusebut ini. Mereka semua adalah tokoh-tokoh dari novel-novel lawas, yang meskipun pertama kali terbit berpuluh-puluh tahun lalu, namun kisah cinta mereka tetap saja menarik dan membuat tergila-gila pembacanya hingga sekarang. Their love stories will never die, ever.


2. Tintin & Snowy - the pet best friend


Honorable mention: Shin-chan & Shiro, Lucky Luck & Jolly Jumper, Harry Potter & Hedwig, George Kirrin & Timmy, Jon Snow & Ghost

Tidak lengkap rasanya berpetualang bersama Tintin tanpa ada Snowy (Milou) di sampingnya. Si anjing terrier putih ini tidak ragu-ragu mengikuti Tintin dari menghadapi Hiu-hiu Laut Merah hingga naik roket ke Bulan. Dari pedalaman Arumbaya hingga puncak Tibet. Meskipun perawakannya mungil, keberaniannya tak kalah dari singa, atau Kapten Haddock.

Karakter-karakter binatang kesayangan ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari tokoh yang didampinginya. Mereka sangat setia pada tuan mereka, dan tak jarang menempuh bahaya demi keselamatan sang pemilik. Hedwig bahkan kehilangan nyawanya demi Harry #fullspoiler


3. Cadis Etrama di Raizel & Frankenstein - the Master and his loyal attendant


Honorable mention: Ciel & Sebastian, Batman & Alfred Pennyworth

Hubungan unik antara sang tuan dengan pengikut setianya kadang-kadang lebih mengharukan dari kisah romansa yang terjadi dan menjadi bumbu tersedap dalam kisah-kisah petualangan mereka. Yang aku suka, dalam cerita seperti ini, fondasi terjadinya hubungan mereka selalu juga sama uniknya. Misal saja dalam kisah Rai dan Frankie di webtoon Noblesse, Frankie yang super egois dan semaunya sendiri akhirnya tergerak untuk mengikatkan dirinya dalam kontrak darah dengan Rai hanya gara-gara Rai selalu tampak kesepian menanggung beban sebagai sang noblesse. Sebuah kontrak kesetiaan yang tak pernah dipungkirinya meski delapan ratus tahun lebih Rai menghilang tanpa jejak.


4. Dream & Death - the imortal creatures sibling


Honorable mention: -

Kedua tokoh ini muncul dari seri komik Sandman yang ditulis Neil Gaiman untuk DC Comics. Keduanya termasuk dalam The Seven Endless, selain Destiny, Desire, Despair, Delirium (Delight) dan Destruction, tujuh makhluk Anthropomorphic Personification yang melambangkan emosi/kebutuhan/nasib manusia. Dibandingkan kelima tokoh lainnya, Dream dan Death memiliki hubungan aneh yang bukan saja saling membantu tapi juga... apa ya.... saling menguatkan? saling menihilkan?

Yang pasti Death yang selalu datang paling akhir dalam kehidupan seorang manusia kadang tak mampu menghentikan Dream yang sudah diteruskan kepada orang-orang lainnya.


5. Mashiro Moritaka & Takagi Akito - partner (or sidekick)


Honorable mention: Edward & Alphonse Elric, Frodo & Sam, Harry Potter & Ron Weasley, Valdrig & Halvier, Sherlock Holmes & Dr. John Watson, Agatha & Sophia

Pertemanan antar dua tokoh utama dalam manga Bakuman ini menggerakkan roda cerita dengan manis. Sejak masa SMA keduanya sepakat berkolaborasi untuk menulis manga, sampai bertahun-tahun kemudian, sekian penolakan dan keberhasilan, bersama-sama bekerja keras mewujudkan cita-cita mereka. Bukan berarti hubungan ini selalu langgeng dan tanpa riak-riak pertengkaran. Sama seperti kisah cinta dan rumah tangga biasa, kerja sama mereka juga sempat tegang. Dua kali mereka hampir memutuskan hubungan ini, tapi ternyata.... persahabatan mereka mampu melewatinya. #eeaaak #filmnyakapandiputer

Selain Ashirogi Muto di Bakuman ini, ada pula Agatha dan Sophia dari seri School of Good and Evil yang kedua karakternya sama-sama menjadi tokoh utama. Sedangkan di banyak mangga/novel lain (seperti yang kusebut dalam honorable mention di atas), kebanyakan tokoh utama punya teman atau sahabat yang mendampinginya sepanjang cerita. Sering kali tampaknya sang tokoh utama lebih menonjol daripada sidekick-nya, namun demikian begitu si pendamping menghilang, segera tampak ketimpangan karakter si tokoh utama. Karena itu, menurutku, mereka adalah-pasangan-pasangan abadi yang juga sulit terpisahkan.


6. Sophie Hatter & The Wizard Howl - odd magical ageless couple


Honorable mention: -

Dari semua dongeng anak-anak tentang penyihir, favoritku adalah Howl's Moving Castle. Selain kastil si Howl yang bisa berjalan-jalan dan punya pintu yang bisa membuka ke empat tempat, tokoh Howl dan Sophie-lah yang membuatku sangat menyukai cerita ini. Karakter Howl sebagai penyihir terhebat namun serampangan dikejutkan dengan kehadiran Sophie yang diam-diam sedang dikutuk jadi nenek buruk rupa. Hubungan keduanya yang penuh liku-liku lucu ditambah kehadiran si iblis api Calcifer yang sok tahu membuat kastil Howl tak pernah sepi lagi.


7. Sherlock Holmes & Jim Moriarty - the archenemies


Honorable mention: Conan Edogawa & The Black Org, Superman & Lex Luthor, Peter Pan & Capt. Hook, Light Yagami & L, Harry Potter & Voldemort, Donal Bebek & Untung Bebek.

Daaan, akhirnya.... bagaimanalah seseorang bisa menjadi hero tanpa ada super villain yang mendampinginya. Si musuh besar. The Archenemy. Tokoh-tokoh penjahat inilah yang menjadikan keseluruhan cerita menjadi seru, ditunggu-tunggu kelanjutannya dan tak pernah terasa membosankan.

Sherlock Holmes versi mana pun yang sering merasa bosan pun menjadi kembali bersemangat saat harus menghadapi Napoleon-nya dunia kejahatan, Prof. James Moriarty. Dari Sherlock Holmes canon stories yang asli dari Sir Arthur, hingga versi BBC yang melambungkan nama Cumberbatch, sampai seri Elementary versi Hollywood, semuanya menampilkan tokoh-tokoh Moriarty yang hampir sama mewahnya dengan tokoh Holmes sendiri.

Archenemies yang lain, yang kusebut di atas itu, pasti juga tidak asing bagi para pembaca. Semuanya hampir sama terkenalnya dengan si pahlawan yang menjadi sorotan. Mereka inilah para bayangan yang membuat cerita-cerita para pahlawan kita bersinar terang seperti adanya sekarang.


* * *


Itulah mereka, pasangan-pasangan yang kuambil dari buku-buku cerita favoritku sepanjang masa. Kalau kamu, pasangan fiksional dari cerita apa yang tak bisa kamu lupakan? Pasangan tak terpisahkan, yang kalau kamu menyebut nama satu tokoh, terbawa pula kenangan akan tokoh yang satu lagi?? Atau kamu punya komentar tentang pasangan-pasangan yang kusebutkan di atas?
Boleh dunk di-share di kolom comment di bawah ini.... ^.^

Baca juga:

Rekomendasi novel romens dari para anggota BBI Joglosemar


Posbar BBI Februari 2016
BBI Valentine's Day



6 komentar:

  1. IIIH ADA FRANKYYYYYYYY!!! *habis banget maraton Noblesse dan naksir berat sama Franky*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... akhirnya ada juga yg mengerti kegilaanku pada franky dan RKs :)

      baca juga postinganku yang ini ya wardah
      http://readbetweenpages.blogspot.com/2016/02/noblesse-awakening-ova.html

      Hapus
  2. Ah gara2 mbak Cindy aku jadi beli Bakuman kemarin...dih bahaya ini postingannya mengajak nimbun wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. welkam to de klub masdi, bakuman itu memang sesuatuh banget ^^V

      Hapus
  3. AKU KANGEN MORITAKAAAA...... #buka album photo si tjakep ahhh.... :D

    BalasHapus
  4. seru deh, pasangannya nggak biasa banget :) aku paling suka bagian yg tintin-snowy :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget